Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) adalah pertemuan yang dipimpin oleh ketua tim mutu yang dilaksanakan secara berkala dan terjadwal untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja sistem manajemen mutu, dan kinerja pelayanan / upaya puskesmas untuk memastikan kelanjutan, kesesuaian, kecukupan dan efektivitas sistem manajemen mutu dan sistem pelayanan.
Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dilaksanakan secara berkala, dalam hal ini Puskesmas Air Itam melaksanakan RTM 6 Bulan sekali.
Adapun proses pelaksanaan RTM sebagai berikut ini:
Input:
1. Capaian Kinerja proses
2. Hasil audit internal
3. Pencapaian sasaran-sasaran mutu/indikator-indikator kinerja
4. Umpan balik pelanggan (SKM / Survei Kepuasan Masyarakat dan Kepuasan Pelanggan)
5. Tindak lanjut tehadap hasil tinjauan manajemen yang lalu
6. Kebijakan mutu dan kebijakan pelayanan/upaya Puskesmas
Proses:
1. Rencana perbaikan
2. Rencana peningkatan kepuasan pelanggan
3. Rencana pemenuhan sumber daya yang diperlukan
4. Rencana perubahan-perubahan untuk mengakomodasi persyaratan produk/layanan pelanggan
Output:
1. Peningkatan efektivitas sistem manajemen mutu dan sistem pelayanan
2. Peningkatan pelayanan terkait dengan persyaratan pelanggan,
3. Identifikasi perubahan-perubahan yang diperlukan baik pada sistem manajemen mutu maupun sistem pelayanan
4. Penyediaan sumber daya yang perlu dilakukan agar sistem pelayanan efektif