STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN

STANDAR PELAYANAN PENDAFTARAN
Komponen Standar Pelayanan Terkait Dengan Proses Penyampaian Pelayanan (Service Delivery)
No KOMPONEN URAIAN
1 Persyaratan Pasien membawa:

1.      Kartu identitas : KTP, SIM, KK atau kartu pelajar (pasien baru)

2.      Kartu Identitas Berobat (pasien lama)

3.      Kartu Jaminan Kesehatan (bagi yang memiliki)

2 Sistem Mekanisme dan Prosedur A. PASIEN KUNJUNGAN BARU

1.    Petugas  menerima pasien dan memberikan salam.

2.    Petugas menanyakan keperluan kunjungan kepada pasien  atau keluarga pasien.

3.    Petugas menanyakan kepada pasien apakah sudah atau belum pernah bekunjung ke puskesmas.

4.    Petugas mendaftar pasien dengan menanyakan kartu identitas pasien (KTP ,kartu JKN) atau Nama, Tanggal Lahir, Alamat.

5.    Petugas mengisi status rekam medis dan family folder sesuai identitas pasien.

6.    Petugas menanyakan kepada pasien pelayanan mana yang dituju.

7.    Petugas memasukan isi rekam medis kedalam simpus pendaftaran sesuai pelayanan mana yang dituju dan mencetak kartu kunjungan pasien.

8.    Menjelaskan tentang hak & kewajiban pasien

9.    Mengisi form general consent

10.  Petugas menyerahkan kembali kartu identitas pasien dan memberikan kartu kunjungan pasien dan menjelaskan bahwa pasien wajib membawa kartu kunjungan pasien apabila melakukan kunjungan ulang.

11.  Petugas membawa dan memberikan status kartu Rawat Jalan ke pengkajian awal.

B. PASIEN KUNJUNGAN ULANG

1.     Petugas  menerima pasien dan memberikan salam.

2.     Petugas menanyakan keperluan kunjungan kepada pasien atau keluarga pasien.

3.     Petugas menanyakan kartu kunjungan pasien

4.     Petugas mengambilkan kartu rekam medis sesuai dengan kartu kunjungan pasien.

5.     Jika pasien tidak membawa kartu kunjungan atau kartu identitas, petugas menanyakan Nama, Tanggal Lahir, Alamat

6.     Petugas mengecek identitas pasien di Aplikasi SIMPUS Puskesmas

7.     Jika datanya tidak ada, pasien sebagai kunjungan baru.

8.     Petugas menanyakan pelayanan mana yang dituju

9.     Petugas memasukan isi rekam medis ke simpus pendaftaran sesuai pelayanan yang dituju.

10.  Petugas menyerahkan kartu kunjungan kepada pasien

11.  Petugas mengantar kartu rekam medis ke pengkajian awal.

C. Pasien Prioritas

1.    Petugas pendaftaran memanggil pasien prioritas terlebih dahulu dan memberitahu pasien yang lain saat mendahulukan pasien prioritas

2.    Petugas pendaftaran mendaftar pasien dengan menanyakan kartu kunjungan atau kartu identitas, petugas menanyakan Nama, Tanggal Lahir, Alamat dan menanyakan keperluanya.

3.    Petugas pendaftaran harus berusaha memahami apa yang dibutuhkan pasien tersebut dengan memperhatikan gerak mulut , mimic muka dan isyarat tangan jika pasien dengan keterbatasan fisik dan mental (cacat) tanpa pendamping.

4.    Petugas informasi segera mengambilkan kursi roda / memapah apabila pasien tidak bisa jalan dan mengantarkan pasien tersebut ke pengkajian awal.

5.    Petugas pendaftaran membawa kartu rekam medis ke pengkajian awal

3 Jangka Waktu Pelayanan ·         Membawa kartu berobat: 3- 7 Menit

·         Tidak membawa kartu berobat: 5-10 Menit

·         Pasien Baru: 5-10 Meniit

4 Biaya/Tarif 1.    Pasien Umum sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Nomor 1 Tahun 2024 Tentang Pajak Dan Retribusi Daerah

2.    Pasien BPJS tidak dipungut biaya (gratis)

5 Produk Pelayanan 1.    Pendaftaran Pasien

2.    Pelayanan Rekam Medis pasien

6 Pengelolaan Pengaduan 1.    Sarana Pengaduan yang disediakan :

a.    Pengaduan            Langsung      melalui         Petugas Pelayanan Pengaduan

b.    Telepon atau Whatsapp : 082141273855

c.    Kotak Saran

d.    Website : https://pkmairitam.palikab.go.id/

IG : puskesmas_airitam

Facebook : Puskesmas Airitampali

 

2.    Prosedur/Mekanisme Pengaduan

a.    Petugas mencatat semua pengaduan.

b.    Semua pengaduan akan di bahas oleh tim pengaduan.

c.    Jawaban semua pengaduan akan disampaikan melalui :

1.    Papan pengumuman.

2.    SMS/Telp/WA/email pengadu yang bersangkutan.

3.    Website/Sosmed Puskesmas air itam

d.    Pengaduan akan   diselesaikan dalam waktu 1 hari s.d   7 hari

e.    Penyelesaian pengaduan lebih dari 7 hari akan di limpahkan  ke Dinas Kesehatan Kabupaten

 

3.    Petugas Pelayanan Pengaduan Tim Pelayanan Pengaduan Puskesmas Air Itam

KOMPONEN STANDAR PELAYANAN TERKAIT DENGAN

PROSES PENGELOLAAN PELAYANAN DI INTERNAL ORGANISASSI

(Manufacturing)

No KOMPONEN URAIAN
1 Dasar Hukum 1.   Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan;

2.   Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 269 Tahun 2008 Tentang Rekam Medis;

3.   Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Panduan Praktik Klinis Bagi Dokter Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer;

4.   Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Puskesmas;

5.   Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 tahun 2022 tentang Akreditasi Pusat Kesehatan Masyarakat, Klinik, Laboratorium Kesehatan, Unit Transfusi Darah, Tempat Praktik Mandiri Dokter, dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi;

6.   Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis Elektronik;

7.   Peraturan Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Nomor 1 Tahun 2024 Tentang Pajak Dan Retribusi Daerah

2 Sarana/Prasarana 1.    Kartu berobat

2.    Pengantar KIR

3.    Rak arsip

4.    Meja kursi

5.    Atk

6.    Komputer/Laptop

7.    Aplikasi SIMPUS

3 Kompetensi Pelaksana 1.    Perekam Medis yang memiliki STR dan SIP yang aktif

2.    Petugas lainnya yang mampu mengoperasikan komputer dalam pencatatan pendaftaran pasien

4 Pengawasan Internal 1.    Pengawasan    internal oleh            Penanggungjawab Ruangan Rekam Medis

2.    Dilakukan oleh atasan langsung (Kepala Puskesmas)

3.    Dilakukan secara berkesinambungan

5 Jumlah Pelaksana 1.    Perekam Medis

2.    Petugas Pendaftaran

6 Jaminan Pelaksanaan Pelayanan         diberikan       secara            cepat, tepat    dan dapat dipertanggungjawabkan (sesuai standar pelayanan)
7 Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan 1.    Peralatan yang digunakan sesuai standar sterilitas

2.    Tidak ada kesalahan identitas dan dijamin kerahasiaannya.

3.    Tidak     ada     kejadian    kesalahan dalam pemberian obat

8 Evaluasi Kinerja Pelayanan 1.    Audit Internal

2.    Survey Kepuasan Pelanggan yang dilaksanakan setiap 6 (enam) bulan

Share:
Leave comment

Alamat

Jln. Perintis Kemerdekaan Desa Air Itam, Kec. Penukal, Kab. Penukal Abab Lematang Ilir

085267154707 - Ali Hasan

Call us today!

Opening Hours

Senin- Kamis: 8:00 - 16:00
Jumat: 8:00 - 16:30
UGD: 24 Jam Setiap Hari