STANDAR PELAYANAN PENGKAJIAN AWAL | ||
Komponen Standar Pelayanan Terkait Dengan Proses Penyampaian Pelayanan (Service Delivery) | ||
No | KOMPONEN | URAIAN |
1 | Persyaratan | 1. Pasien terdaftar di loket pendaftaran |
2 | Sistem Mekanisme dan Prosedur | Langkah – Langkah :
4. Cocok a. TIDAK Status pasien dikembalikan kependaftaran b. YA · Petugas mengukur berat badan dan tinggi badan pasien, memeriksa dan menghitung frekuensi nadi pasien, frekuensi pernapasan pasien · Petugas menanyakan keluhan utama pasien, serta riwayat penyakit sebelumnya · Petugas mencatat hasil pemeriksaan (Petugas mengukur berat badan dan tinggi badan pasien, memeriksa dan menghitung frekuensi nadi pasien, frekuensi pernapasan pasien, keluhan utama serta riwayat penyakit ) pada rekam medis pasien · Petugas memberitahu pasien hasil pemeriksaan · Petugas mengarahkan pasien kepoli tujuan
|
3 | Jangka Waktu Pelayanan | Anamnesa : 3-5 menit
Pemeriksaan TD, TB, BB : 2-5 menit Pemeriksaan Fisik : 2-5 menit Pencatatan dilembar pengkajian : 1-2 menit |
4 | Biaya/Tarif | 1. Pasien Umum sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Nomor 1 Tahun 2024 Tentang Pajak Dan Retribusi Daerah
2. Pasien BPJS tidak dipungut biaya (gratis) |
5 | Produk Pelayanan | Hasil anamnesa pasien |
6 | Pengelolaan Pengaduan | 1. Sarana Pengaduan yang disediakan :
a. Pengaduan Langsung melalui Petugas Pelayanan Pengaduan b. Telepon atau Whatsapp : 082141273855 c. Kotak Saran d. Website : https://pkmairitam.palikab.go.id/ IG : puskesmas_airitam Facebook : Puskesmas Airitampali
2. Prosedur/Mekanisme Pengaduan a. Petugas mencatat semua pengaduan. b. Semua pengaduan akan di bahas oleh tim pengaduan. c. Jawaban semua pengaduan akan disampaikan melalui : 1. Papan pengumuman. 2. SMS/Telp/WA/email pengadu yang bersangkutan. 3. Website/Sosmed Puskesmas air itam d. Pengaduan akan diselesaikan dalam waktu 1 hari s.d 7 hari e. Penyelesaian pengaduan lebih dari 7 hari akan di limpahkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten
3. Petugas Pelayanan Pengaduan Tim Pelayanan Pengaduan Puskesmas Air Itam |
KOMPONEN STANDAR PELAYANAN TERKAIT DENGAN
PROSES PENGELOLAAN PELAYANAN DI INTERNAL ORGANISASSI (Manufacturing) |
|||
No | KOMPONEN | URAIAN | |
1 | Dasar Hukum | 1. Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan
2. Permenpan RB Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik 3. Permenpan RB Nomor 19 Tahun 2021 tentang Standar Pelayanan di Lingkungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi 4. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat 5. Peraturan Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Nomor 1 Tahun 2024 Tentang Pajak Dan Retribusi Daerah |
|
2 | Sarana/Prasarana | 1. Meja/kursi
2. Tensimeter 3. Termometer 4. Pengukur tinggi badan 5. Timbangan 6. Pengukur lingkar pinggang |
|
3 | Kompetensi Pelaksana | 1. Bidan yang memiliki STR dan SIP yang aktif/ Petugas Kesehatan lain yang didelegasikan wewenang
2. Perawat yang memiliki STR dan SIP yang aktif/ Petugas Kesehatan lain yang didelegasikan wewenang |
|
4 | Pengawasan Internal | 1. Pengawasan internal oleh Ka.Sub Tata Usaha
2. Dilakukan oleh atasan langsung (Kepala Puskesmas) 1. Dilakukan secara berkesinambungan |
|
5 | Jumlah Pelaksana | 1. Bidan
2. Perawat |
|
6 | Jaminan Pelaksanaan | Pelayanan diberikan secara cepat, tepat dan dapat dipertanggungjawabkan (sesuai standar pelayanan) | |
7 | Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan | 1. Peralatan yang digunakan sesuai standar sterilitas
2. Tidak ada kesalahan identitas dan dijamin kerahasiaannya. 3. Tidak ada kejadian kesalahan dalam pemeriksaan anamnesa |
|
8 | Evaluasi Kinerja Pelayanan | 1. Audit Internal
2. Survey Kepuasan Pelanggan yang dilaksanakan setiap 6 (enam) bulan |