STANDAR PELAYANAN PENGKAJIAN AWAL

STANDAR PELAYANAN PENGKAJIAN AWAL
Komponen Standar Pelayanan Terkait Dengan Proses Penyampaian Pelayanan (Service Delivery)
No KOMPONEN URAIAN
1 Persyaratan 1.      Pasien terdaftar di loket pendaftaran
2 Sistem Mekanisme dan Prosedur Langkah – Langkah :

  1. Petugas memanggil pasien sesuai nomor urut
  2. Petugas mempersilahkan pasien untuk duduk
  3. Petugas menanyakan ulang identitas pasien di sesuaikan dengan  rekam medis pasien

4.    Cocok

a. TIDAK

Status pasien dikembalikan kependaftaran

b. YA

·         Petugas mengukur berat badan dan tinggi badan pasien, memeriksa dan menghitung frekuensi nadi pasien, frekuensi pernapasan pasien

·         Petugas menanyakan keluhan utama pasien, serta riwayat penyakit sebelumnya

·         Petugas mencatat   hasil   pemeriksaan   (Petugas mengukur berat badan dan tinggi badan pasien, memeriksa dan menghitung frekuensi nadi pasien, frekuensi pernapasan pasien, keluhan utama serta riwayat penyakit ) pada rekam medis pasien

·         Petugas memberitahu pasien hasil pemeriksaan

·         Petugas mengarahkan pasien kepoli tujuan

  1. Petugas menyerahkan rekam medis ke Poli tujuan sesuai dengan  umur dan keluhan pasien
3 Jangka Waktu Pelayanan Anamnesa : 3-5 menit

Pemeriksaan TD, TB, BB : 2-5 menit

Pemeriksaan Fisik : 2-5 menit

Pencatatan dilembar pengkajian : 1-2 menit

4 Biaya/Tarif 1.    Pasien Umum sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Nomor 1 Tahun 2024 Tentang Pajak Dan Retribusi Daerah

2.    Pasien BPJS tidak dipungut biaya (gratis)

5 Produk Pelayanan Hasil anamnesa pasien
6 Pengelolaan Pengaduan 1.    Sarana Pengaduan yang disediakan :

a.    Pengaduan              Langsung               melalui               Petugas Pelayanan Pengaduan

b.    Telepon atau Whatsapp : 082141273855

c.    Kotak Saran

d.    Website : https://pkmairitam.palikab.go.id/

IG : puskesmas_airitam

Facebook : Puskesmas Airitampali

 

2.    Prosedur/Mekanisme Pengaduan

a.    Petugas mencatat semua pengaduan.

b.    Semua pengaduan akan di bahas oleh tim pengaduan.

c.    Jawaban semua pengaduan akan disampaikan melalui :

1.    Papan pengumuman.

2.    SMS/Telp/WA/email pengadu yang bersangkutan.

3.    Website/Sosmed Puskesmas air itam

d.    Pengaduan akan   diselesaikan dalam waktu 1 hari s.d   7 hari

e.    Penyelesaian pengaduan lebih dari 7 hari akan di limpahkan  ke Dinas Kesehatan Kabupaten

 

3.    Petugas Pelayanan Pengaduan Tim Pelayanan Pengaduan Puskesmas Air Itam

KOMPONEN STANDAR PELAYANAN TERKAIT DENGAN

PROSES PENGELOLAAN PELAYANAN DI INTERNAL ORGANISASSI

(Manufacturing)

No KOMPONEN URAIAN
1 Dasar Hukum 1.     Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan

2.     Permenpan RB Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik

3.     Permenpan RB Nomor 19 Tahun 2021 tentang Standar Pelayanan di Lingkungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

4.     Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat

5.     Peraturan Daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Nomor 1 Tahun 2024 Tentang Pajak Dan Retribusi Daerah

2 Sarana/Prasarana 1.    Meja/kursi

2.    Tensimeter

3.    Termometer

4.    Pengukur tinggi badan

5.    Timbangan

6.    Pengukur lingkar pinggang

3 Kompetensi Pelaksana 1.    Bidan yang memiliki STR dan SIP yang aktif/ Petugas Kesehatan lain yang didelegasikan wewenang

2.    Perawat  yang memiliki STR dan SIP yang aktif/ Petugas Kesehatan lain yang didelegasikan wewenang

4 Pengawasan Internal 1.    Pengawasan internal oleh Ka.Sub Tata Usaha

2.    Dilakukan oleh atasan langsung (Kepala Puskesmas)

1.    Dilakukan secara berkesinambungan

5 Jumlah Pelaksana 1.    Bidan

2.    Perawat

6 Jaminan Pelaksanaan Pelayanan  diberikan   secara    cepat,    tepat    dan dapat dipertanggungjawabkan (sesuai standar pelayanan)
7 Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan 1.    Peralatan yang digunakan sesuai standar sterilitas

2.    Tidak ada kesalahan identitas dan dijamin kerahasiaannya.

3.    Tidak     ada     kejadian    kesalahan dalam pemeriksaan anamnesa

8 Evaluasi Kinerja Pelayanan 1.    Audit Internal

2.    Survey Kepuasan Pelanggan yang dilaksanakan setiap 6 (enam) bulan

Share:
Leave comment

Alamat

Jln. Perintis Kemerdekaan Desa Air Itam, Kec. Penukal, Kab. Penukal Abab Lematang Ilir

085267154707 - Ali Hasan

Call us today!

Opening Hours

Senin- Kamis: 8:00 - 16:00
Jumat: 8:00 - 16:30
UGD: 24 Jam Setiap Hari